cara pembuktian jantan dan betina pada ikan arwana

PERIKANAN

cara pembuktian jantan dan betina pada ikan arwana

Perbedaan Jantan Dan Betina Pada Ikan ArwanaArwana termasuk ikan karnivor yang mendiami habitat sungai dan danau berair tenang. ikan hias ini juga ditemukan di air yang berarus kuat. Ikan arwana merupakan spesies monomorfik, yaitu hewan yang secara fisik tidak dapat atau tidak mudah dibedakan antara jantan dan betina. Pembuktian mengenai ciri-ciri ikan arwana jantan dan arwana betina juga dianalisis antara lain yaitu:
  1. Panjang sirip dada (rasio panjang sirip dada dengan panjang baku ikan), untuk membuktikan sirip ikan arwana jantan lebih panjang dibanding arwana betina. 
  2. Kerampingan badan (rasio tinggi dan panjang baku), untuk membuktikan ikan arwana jantan lebih ramping dari arwana betina. 
  3. Kegemukan (rasio panjang baku dan bobot badan), untuk membuktikan bobot badan ikan arwana jantan lebih ringan dibanding arwana betina. 
  4. Besaran kepala (rasio tinggi kepala dan panjang kepala), untuk membuktikan kepala ikan arwana jantan lebih besar dari kepala arwana betina. 
Dari pengamatan yang dilakukan meliputi bentuk sirip ikan arwana tidak terlihat adanya perbedaan yang sangat mencolok antara ikan arwana yang berjenis kelamin jantan dan betina dari arwana pinoh.
cara pembuktian jantan dan betina pada ikan arwana
Kemudian juga pengukuran morfometris yang berkaitan dengan kerampingan, kegemukan, besaran kepala dan panjang sirip ikan arwana juga tidak menunjukkan perbedaan yang nyata atau tidak ada perbedaan yang mencolok antara jantan dan betina.

Itulah uraian singkat mengenai perbedaan ikan arwana jantan dan arwana betina, yang kami rangkum dari beberapa sumber. Semoga informasi tentang ikan arwana ini bermanfaat bagi kita semua

Belum ada Komentar untuk "cara pembuktian jantan dan betina pada ikan arwana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel