Mengetahui Klasifikasi dan Morfologi Ikan Bawal

PERIKANAN

mengenal Klasifikasi dan Morfologi Ikan Bawal

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Bawal – Bawal (Collossoma macropomum) merupakan jenis ikan air tawar yang berasal dari sungai Amazon. Ikan Bawal bentuknya sangat mirip dengan jenis ikan piranha, Ikan bawal memiliki gigi-gigi yang cukup tajam. Ikan Bawal juga mempunyai bentuk badan yang pipih dan bulat dengan warna kulit yang keperak – perakan, warna ujung sirip berwarna merah atau kuning dan mempunyai lubang hidung yang besar. Bila kita lihat dari arah samping, tubuh ikan bawal ini tampak membulat (oval). Warna tubuh bagian atas abu-abu gelap, sedangkan bagian bawah berwarna putih. Sisik bawal agak kecil berbentuk ctenoid, dimana setengah bagian sisik belakang menutupi sisik bagian depan. Pada ikan bawal dewasa, bagian tepi sirip perut, dan sirip anus serta pada bagian bawah sirip ekor berwarna merah, ikan bawal ( Colossoma macropum ) juga termasuk salah satu ikan air tawar yang memiliki pertumbuhan yang cukup cepat jika dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya, Ikan Bawal termasuk ke dalam jenis ikan carnivora. Selain itu, ikan bawal juga sangat mudah menyesuaikan diri di berbagai lingkungan baru.

    Bawal sama halnya dengan ikan Piranha. Ikan Bawal biasanya hidup dengan bergerombol dalam jumlah yang kecil, makanan bawal diantaranya yaitu udang, katak, siput, ikan-ikan kecil dan dedaunan. Selain itu, Ikan bawal juga tergolong jenis ikan yang cukup poluper di pasar ikan konsumsi.

    Ikan Bawal sangat potensial untuk dibudidayakan karena mempunyai beberapa keunggulan atau kelebihan antara lain, yaitu :
    1. Pertumbuhannya relatif cepat
    2. Ikan bawal memiliki ketahanan yang tinggi terhadap kondisi limnologis yang kurang baik
    3. Nafsu makan ikan bawal sangat tinggi serta ikan bawal ini termasuk ikan pemakan segalanya (OMNIVORA)
    4. Rasa daging ikan bawal cukup enak, hampir menyerupai daging Gurami
    Dengan keunggulan atau kelebihan tersebut ikan bawal ini menjadi mudah sekali untuk dipelihara/dibudidayakan. ditambah lagi ikan bawal suka makan dedauanan sehingga bisa mengurangi dalam hal konsumsi pakan pellet/pakan pabrikan. Dengan demikian bisa mengurangi biaya tinggi pada pakan. Pakan sendiri merupakan komponen utama yang saat ini harganya sangat mahal.

    Klasifikasi Ikan Bawal

    Klasifikasi dan Morfologi Ikan Bawal


    • Kingdom  : Animalia
    • Phylum     : Chordata
    • Family      : Characidae
    • Subfamily : Serrasalminae
    • Class         : Actinopterygii
    • Order        : Characiformes
    • Genus        : Colossoma
    • Species      : C. macropomum

    Morfologi Ikan Bawal

    Klasifikasi dan Morfologi Ikan Bawal

    Ikan bawal ini memiliki warna kecoklatan hingga warna keabu-abuan, pada bagian bawah ikan bawal berwarna keputihan. Ikan bawal memiliki bentuk tubuh menyamping berbentuk bulat atau oval, memiliki panjang dan tinggi hingga 1-2 centimeter bahkan lebih. bentuk tubuh ikan bawal ini berbentuk pipih, bulat, memiliki sisik kecil dan kelapa bulat. sirip bawal agak panjang 2-3 centimeter bahkan lebih tergantung dengan variatesnya, sirip ini memiliki warna keabu-abuan hingga warna kekuning-kuningan.

    Ikan bawal memiliki bentuk kepala yang sangat besar hampir mirip ikan lohan, namun  ikan bawal  ini mempunyai bentuk kepala dengan mata yang cukup besar bila dibandingkan dengan ikan tersebut. Ikan bawal juga memiliki mulut yang sangat besar sekitar diameter 2-3 mm. Ikan bawal mampu menghasilkan produksi telur 3.000 sampai 10.000 bahkan itu bisa lebih tergantung dengan varietes dan jenis ikannya.

    Ikan Bawal juga memiliki daging yang sangat tebal dengan ketebalannya mencapai 1-2 bahkan lebih tergantungan pertumbuhan ikan bawal tersebut. Ikan bawal memiliki daging berwarna merah, berserabut halus dan juga memiliki kandungan yang besar bagi kesehatan tubuh manusia. Selain itu, kulit ikan bawal sangat tipis dan mudah sekali di kelupas atau di lepas dari dagingnya.

    Nah itulah penjelasan singkat mengenai ikan bawal, semoga informasi tentang ikan bawal ini bermanfaat bagi kita semua, data ini kami olah dari berbagai sumber

    Belum ada Komentar untuk "Mengetahui Klasifikasi dan Morfologi Ikan Bawal"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel