Penyakit non-infeksi pada ikan atau penyakit yang tidak menular pada ikan

PERIKANAN

jenis-jenis penyakit yang biasa menyerang ikan peliharaan

PENYAKIT NON-INFEKSI (PENYAKIT TIDAK MENULAR- Pada Ikan)

Penyakit Ikan Akibat Lingkungan

PENYAKIT NON-INFEKSI (PENYAKIT TIDAK MENULAR- Pada Ikan) akibat lingkungan

Faktor dari lingkungan dalam budidaya ikan terutama ikan air tawar mempunyai pengaruh yang cukup tinggi. Lingkungan bisa mendatangkan berbagai macam penyakit dari kegiatan budidaya ikan khususnya ikan air tawar. Pengaruh dari penyakit yang disebabkan oleh berbagai faktor terutama oleh lingkungan sering mengakibatkan kerugian besar karena kematian ikan yang sangat cepat dan secara tiba-tiba dan lebih parahnya dapat mematikan seluruh ikan. Penyebabnya misalnya ada upwelling, keracunan pestisida atau limbah industri, bahan kimia, keracunan akibat peledakan populasi plankton dan lainnya. Jika lingkungan yang buruk maka akan terjadi seperti hal-hal yang disebutkan berikut ini :
  1. Akan terjadi keracunan nitrit terhadap ikan air tawar peliharaan atau biasa disebut dengan penyakit darah, ini disebabkan oleh konsentrasi nitrit yg cukup tinggi di dalam air yg berasal dari hasil metabolisme ikan.
  2. Ikan tercekik karena kekurangan oksigen ini biasanya terjadi menjelang pagi hari pada perairan yg mempunyai populasi phytoplankton tinggi.
  3. Keracunan Ikan akibat amoniak terjadi hampir sama dengan nitrit tapi biasanya karena pengaruh pemberian pakan yg terlalu berlebihan ataupun karena bahan organik sedangkan populasi bakteri pengurainya tidak mencukupi yg sangat beracun yaitu dalam bentuk NH3.
  4. Limbah pollutan yg terdiri dari logam-logam berat sangat berbahaya bagi ikan karena sifat racunnya adalah Ni, Pb, Cr, Al, Hg, Cd, Cu, Zn dan Co juga bisa menyebabkan penyakit bagi ikan. Sifat dari logam berat tersebut bisa meningkat jika komposisi ion-ion di dalam air terdiri dari jenis-jenis ion yg sinergik. Selain dari komposisi ion, nilai PH juga sangat berpengaruh terhadap tingkat kelarutan ion-ion logam. Apabila kadarnya cukup tinggi akan menyebabkan ikan menjadi stress dan jika terus meningkat bisa menyebabkan kematian pada ikan tersebut.
  5. Fluktuasi air yang ekstrim dimana perubahan suhu air kolam yg ekstrim akan merusak keseimbangan hormonoal dan fisiologis tubuh ikan dan ikan tidak mampu untuk beradaptasi terhadap perubahan suhu air kolam dan mengakibatkan ikan menjadi stress bahkan akan terjadi kematian.

Penyakit Katarak Pada Ikan

PENYAKIT NON-INFEKSI PADA IKAN (PENYAKIT TIDAK MENULAR- Pada Ikan)

Apabila mata ikan peliharaan kita terdapat selaput abu-abu atau putih itu mungkin ikan peliharaan kita mengidap katarak. Ada beberapa perawatan yg khusus dibuat untuk penyakit katarak pada ikan air tawar termasuk Eye Fungex dan Aquatronics. Kuncinya yaitu memastikan level amonia dan nitrit pada batas yg dapat diterima oleh ikan tersebut. Karena penyakit ini terjadi akibat pertumbuhan jamur maka dengan kita meneteskan fungisida ke dalam aquarium akan sangat bermanfaat bagi ikan.

Penyakit Ikan Akibat Malnutrisi

PENYAKIT NON-INFEKSI (PENYAKIT TIDAK MENULAR- Pada Ikan) Akibat Malnutrisi

Pemberian makan yang berlebihan atau pun kekurangan dan juga pemberian pakan yg tidak teratur juga bisa menyebabkan penyakit pada ikan air tawar peliharaan, maka ini sangat perlu untuk diperhatikan.
Ikan yang terserang penyakit ini mungkin agak jarang menunjukkan tanda atau gejala yang spesifik sehingga akan sulit untuk didiagnosa yang menjadi penyebab utamanya. Tapi dalam makanan atau pakan ikan air tawar bisa mengakibatkan terjadi nya kelainan fungsi morfologis dan biologis pada ikan air tawar tersebut seperti defisiensi asam pantothenic penyakit jaring insang yg bisa menyebabkan ikan tersebut sulit dalam bernafas bahkan jika sudah parah akan terjadi kematian, defisiensi vitamin A yg menyebabkan mata menonjol atau buta dan terjadi pendarahan pada kulit dan ginjal, defisiensi vitamin B-1 yang menyebabkan kehilangan nafsu makan ikan, pendarahan dan penyumbatan pembuluh darah, defisiensi asam lemak essensial yg berakibat infiltrasi lemak pada kulit dan minimnya pigmentasi pada tubuh ikan. Salah satu yang sangat berbahaya yaitu karena defisiensi vitamin C yg merupakan penyakit yg paling umum terjadi dimana akibat yang paling terkenal yaitu broken back syndrome seperti scoliosis dan lordosis


Penyakit Ikan Akibat Genetis
PENYAKIT NON-INFEKSI (PENYAKIT TIDAK MENULAR- Pada Ikan) Akibat Genetis

Mungkin salahsatu penyebab penyakit yg kompleks pada budidaya ikan khususnya ikan air tawar yaitu karena adanya faktor genetik terutama karena adanya perkawinan satu keturunan. Pemijahan inbreeding ( perkawinan satu keturunan) yg dilakukan secara terus-menerus akan menurunkan kualitas ikan berupa variasi genetik dalam tubuh ikan tersebut. Akibat dari pemijahan ikan secara inbreeding adalah sebagai berikut :
  1. Organ tubuh / badan yang tidak sempurna serta kelainan lainnya.
  2. Lebih sensitif terhadap infeksi patogen.
  3. Pertumbuhan ikan lambat (bantet) dan ukuran beragam.
Demikianlah penjelasan singkat mengenai PENYAKIT NON-INFEKSI (PENYAKIT TIDAK MENULAR- Pada Ikan) data ini kami ringkas dari beberapa sumber, mohon maaf jika penjelasan tentang penyakit ikan ini banyak kesalahan dalam penyampaiannya.

Belum ada Komentar untuk "Penyakit non-infeksi pada ikan atau penyakit yang tidak menular pada ikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel