Jenis Ikan Cupang Hias dan Ikan Cupang Aduan

PERIKANAN

Jenis-jenis Ikan Cupang Hias dan Ikan Cupang Aduan

Jenis Ikan Cupang Hias dan Ikan Cupang Aduan - Ikan cupang adalah satu diantara tipe ikan hias yang cukup ter populer terutama di Indonesia. Ikan cupang juga mempunyai kemampuan yang luar biasa seperti kemampuannya dalam bertahan hidup di air yang kurang baik, Ikan cupang juga memiliki bentuk tubuh yang sangat cantik, sehingga banyak para pecinta ikan hias yang memiliharanya di aquarium.

Habitat Ikan Cupang

Habitat hidup Ikan Cupang ada di danau, rawa-rawa dan sungai yang berarus tenang. Salah Satu keunggulan atau kelebihan ikan cupang yaitu daya tahannya terhadap lingkungan tempatnya hidup. Ikan cupang juga mampu hidup pada lingkungan air yang kurang oksigen.

Keunggulan Ikan Cupang

Ikan cupang juga termasuk salah satu ikan hias yang cukup mudah untuk dipelihara bahkan dikembangbiakkan. Ikan cupang yaitu jenis ikan hias air tawar yang banyak hidup di negara-negara tropis. Ikan cupang banyak ditemui di perairan Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Indonesia dan Vietnam.

Cara Membedakan Cupang Hias dan Aduan

Cara Membedakan Ikan Cupang Aduan dan Ikan Cupang Hias

Istilah ikan cupang Aduan dan ikan cupang hias sebenarnya lebih didasarkan pada karakteristik fisiknya saja. Pasalnya baik ikan cupang aduan ataupun ikan cupang hias keduanya tetap memiliki sifat agresif. Dibawah ini adalah beberapa ciri-ciri utama dari ikan cupang aduan dan ikan cupang hias:
  1. Ikan Cupang aduan
  2. Jenis-jenis Ikan Cupang Aduan
    Ikan Cupang aduan merupakan jenis ikan yang digunakan sebagai aduan. ada beberapa negara di Asia Tenggara yang mengadakan kontes mengadu ikan cupang. Namun di Amerika mengadu ikan cupang dianggap sebagai tindak kejahatan. Ikan Cupang aduan memiliki perawakan yg kokoh, dengan ukuran badan yang sama dari leher hingga ekornya. Selain itu bibir dari ikan cupang aduan ini juga cukup besar dan kokoh. Ikan cupang aduan mempunyai gerakan yang sangat cepat dan agresif. Jika didekati oleh musuh, cupang ini akan langsung mengembangkan siripnya. 

  3. Ikan Cupang hias 
  4. Jenis-jenis Ikan Cupang Hias dan Ikan Cupang Aduan
    Ikan Cupang hias merupakan ikan cupang yang sangat diminati oleh para pencinta ikan hias karena keindahan tubuhnya. Ikan cupang jenis ini memiliki ragam variasi warna yang atraktif, mulai dari warna merah, ungu, biru, dan kombinasinya. Ikan cupang hias juga memiliki bentuk sirip dan ekor yang sangat khas dan juga sangat unik. Selain itu gerakan dari ikan cupang hias cenderung lamban dan terlihat lebih suka menunjukkan keanggunannya dengan cara mengibas-ngibaskan sirip dan ekornya.
    Ikan Cupang hias juga bisa diadu, bahkan ikan cupang hias bisa mengalahkan ikan cupang aduan, namun bila diadu ekor dan siripnya akan rusak bahkan rontok selama pertempuran sehingga bentuknya menjadi tidak indah lagi.

Nah, Itulah sekilas penjelasan tentang Ikan cupang aduan dan ikan cupang hias, Data perikanan ini kami rangkum dari beberapa sumber 

Belum ada Komentar untuk "Jenis Ikan Cupang Hias dan Ikan Cupang Aduan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel