3 jenis Ikan cupang yang mudah dipelihara

PERIKANAN

3 jenis Ikan cupang yang mudah dipelihara

Jenis Ikan Cupang - Kebanyakan ikan Cupang yang dijual di pasaran berasal dari kelompok Splendens complex. Jenis ikan cupang yang paling banyak di cari atau yang paling populer adalah Betta splendens atau ikan cupang ini sering juga disebut sebagai Siamese fighting fish alias ikan petarung dari Siam. Beberapa silangan dari Siamese fighting fish menghasilkan jenis-jenis ikan Cupang yang menarik. Sekarang ini untuk populasi ikan Cupang di Indonesia cukup berkembang pesat, ini terbukti dengan adanya kontes Masyarakat Cupang Hias Indonesia (MCHI). Dari kontes tersebut, maka munculah beberapa jenis ikan Cupang yang tersebar di Indonesia.
  1. Halfmoon (Bulan Sepotong)
  2. 3 jenis Ikan cupang yang mudah dipeliharaIkan Cupang jenis Halfmoon memiliki ekor setengah lingkaran. Bila dilihat dari samping bentuk setengah bulan akan nampak dengan sangat jelas. Ikan Cupang Halfmoon (Bulan Sepotong) memiliki keindahan yang menarik, sehingga para pecinta ikan hias memelihara ikan cupang jenis ini sebagai ikan hias air tawar karena memiliki warna merah menyala, warna kuning menyala dan warna lainnya yang khas. 

  3. Ikan Cupang Crown Tail (Serit)
  4. 3 jenis Ikan cupang yang mudah dipeliharaIkan Cupang jenis ini berasal dari indonesia dinamai Cupang Crown Tail (Serit) karena memiliki ekor yang menyerupai seperti mahkota ketika dibalik menghadap ke atas. Ikan cupang jenis ini dikembangbiakkan oleh para breeder di daerah Slipi. Jenis ikan Cupang Crown Tail (serit) memiliki banyak sekali varian. Ada yang bentuk seritnya tunggal, yang mana dalam setiap serit hanya mempunyai satu tulang sirip. Namun, Ikan cupang jenis ini ada juga yang berserit dua atau berserit ganda.

  5. Ikan Cupang Plakat (Petarung)
  6. 3 jenis Ikan cupang yang mudah dipeliharaIkan Cupang yang satu ini berasal dari negara Thailand, nama Plakat sendiri merupakan bahasa Thailand yang artinya petarung, ikan cupang jenis ini mempunyai bentuk yang sangat sangar. Ikan cupang jenis ini biasanya dijadikan sebagai ikan Cupang aduan. Pada umumnya sirip dan ekor Cupang Plakat relatif lebih pendek tidak menjumbai seperti ikan cupang Crown Tail dan ikan cupang Halfmoon. Karena bentuk siripnya yang pendek, sirip tersebut memberikan kesan kokoh dan kekar serta terlihat sangar. Gerakan dari ikan Cupang Plakat ini tidak terlalu anggun tetapi terlihat lebih sangar.
Itulah 3 jenis ikan cupang yang banyak dijumpai di pasaran dan 3 jenis ikan cupang ini juga yang sangat banyak dibudidayakan oleh para pencinta ikan hias

Belum ada Komentar untuk "3 jenis Ikan cupang yang mudah dipelihara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel