ciri lele sangkuriang dan kelebihan atau keunggulan yang dimiliki oleh lele sangkurian

PERIKANAN

ciri lele sangkuriang dan  keunggulan yang dimiliki oleh lele sangkurian

Ciri-Ciri Ikan Lele Sangkuriang Dan Kelebihannya - Lele sangkuriang merupakan salah satu jenis lele dumbo. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa jenis lele sangkuriang ini merupakan lele yang terbaik dari sekian banyak jenis lele dumbo. Ikan Lele sangkuriang diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1980-an. Jenis Lele dumbo ini merupakan gebrakan dari jenis ikan lele lokal yang semula tidak memiliki kelebihan atau keunggulan. Ikan Lele sangkuriang termasuk ikan konsumsi yang cara budidayanya telah dikuasai oleh para petani ikan. Ikan lele sangkuriang termasuk ikan yang cenderung predator terutama pada ikan yang lebih kecil. Dengan diperkenalkannya lele dumbo ini maka terpenuhnya kebutuhan lele yang berkualitas terbaik. Lele jenis ini memiliki kandungan omega3 yang sangat baik untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak. 

Ciri-ciri khusus ikan lele sangkuriang diantaranya yaitu: 

  1. bentuk kepala pipih mendatar, 
  2. memiliki alat pernafasan tambahan berupa arborescent, 
  3. bentuk tubuh ikan lele sangkuriang agak bulat, 
  4. memiliki 2 pasang sungut.
  5. ekor bulat, 

Berikut ini beberapa keunggulan atau kelebihan yang dimiliki oleh lele sangkuriang di banding dengan lele dumbo.

1. Kemampuan Bertelur dan Daya Tetas Telur Lele Sangkuriang Lebih Tinggi
ciri lele sangkuriang dan kelebihan atau keunggulan yang dimiliki oleh lele sangkurian

Tingkat produksi ikan lele sangkuriang lebih tinggi jika di bandingkan dengan jenis lele dumbo, ini dibuktikan dengan kemampuan bertelur dan daya tetasnya.
  • Kemampuan bertelur lele sangkuriang dua kali lipat dibandingkan dengan dengan lele dumbo. lele sangkuriang mampu bertelur 40.000-60.000 butir, sementara Satu ekor induk lele dumbo dalam sekali bertelur biasanya hanya menghasilkan sekitar 20.000–30.000 butir,
  • Daya tetas telur, ikan lele dumbo terbilang cukup tinggi yaitu mencapai 80%, tetapi lele sangkuriang lebih tinggi lagi daya tetas telurnya, yaitu mencapai 90%.

    2. Produksi Lebih Tinggi 

    Data berdasarkan pengalaman di lapangan. membuktikan angka produksi lele sangkuriang lebih tinggi dibanding dengan jenis lele dumbo biasa.

    3. Masa Panen Lele Lebih Cepat
    ciri lele sangkuriang dan kelebihan atau keunggulan yang dimiliki oleh lele sangkurian


    Kemudian juga di tingkat pembenihan maupun di tingkat pembesaran ikan lele sangkuriang sangatlah baik, ini terbukti lebih cepat jika di bandingkan dengan jenis lele dumbo.

    4. Daya Tahan Terhadap Penyakit Lebih Bagus

    5. Teknik Pemeliharaan Lebih Mudah

    6. Kualitas Daging Lebih Unggul
    Dari segi rasa lebih renyah, dan lebih gurih. Apalagi jika ikan lele dumbo ini dibudidayakan atau dipelihara secara organik tentu lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu Daging ikan lele sangkuriang memiliki tekstur daging yang lebih padat dibanding dengan lele dumbo. 

    Itulah uraian singkat mengenai ciri-ciri lele sangkuriang dan kelebihan atau keunggulan yang dimiliki oleh lele sangkurian.

    Belum ada Komentar untuk "ciri lele sangkuriang dan kelebihan atau keunggulan yang dimiliki oleh lele sangkurian"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel