Varietas Dan Ciri-Ciri Ikan Arwana

PERIKANAN

Varietas Dan Ciri-Ciri Ikan Arwana

Varietas Dan Ciri-Ciri Ikan Arwana - Ikan Arwana (Scleropages formosus) adalah salah satu spesies ikan yang hidup di air tawar, dan jenis ikan ini banyak terdapat kawasan Asia Tenggara. Ikan hias ini disebut sebagai Siluk Merah atau “Ikan Naga”.

Disebut Siluk Merah atau “Ikan Naga” karena Ikan Arwana ini sering dikaitkan dengan Naga dari Mitologi Tionghoa. Ikan hias ini masuk kedalam ikan bertulang air tawar dari keluarga Osteoglossidae selain itu ikan arwana termasuk hewan purba.

Ada sebagian orang menganggap bahwa ikan arwana ini bisa membawa keberuntungan dan dapat menjaga rumah dari gangguan mahluk halus atau roh-roh jahat.

Selain mitos tersebut, para pecinta ikan hias biasanya juga menjadikan ikan Arwana ini sebagai ikan hias karena memiliki dayatarik tersendiri berupa bentuknya yang sangat unik dan badan yang indah serta warnanya yang sangat cantik. Sehingga menjadikan ikan arwana ini sangat diburu oleh penggemar ikan hias.

Di Negara Indonesia ikan arwana cukup banyak ditemukan di sungai-sungai di Pulau kalimantan dan Irian. Adapun beberapa varietas atau jenis ikan arwana yang tersebar di berbagai kawasan Asia Tenggara.

Ada 4 varietas warna yang terdapat di lokasi : 

  1. Emas dengan ekor merah, banyak ditemukan di Indonesia 
  2. Hijau, ditemukan di negara Indonesia, Birma, Thailand, Vietnam dan Malaysia 
  3. Merah, ditemukan di Indonesia 
  4. Emas, ditemukan di negara Malaysia 

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri ikan Arwana secara umum. Berikut ini uraiannya:

Varietas Dan Ciri-Ciri Ikan Arwana
  1. Ikan Arwana yang terdapat di Indonesia pada umumnya merupakan ikan Arwana dari Asia Tenggara, biasanya ikan arwana ini memiliki bentuk badan panjang, dengan sirip dubur terletak agak jauh di belakang badan.
  2. Bila dilihat dari warnanya ikan arwana jenis ini memiliki banyak sekali variasi warna seperti warna Merah, ditemukan di Indonesia, warna keperak-perakan (Arwana Asia), warna Emas, ditemukan di negara Malaysia, Warna Emas dengan ekor berwarna merah, ditemukan di negara Indonesia dan warna Hijau, ditemukan di negara Indonesia, Thailand, Vietnam, Birma dan Negara Malaysia.
  3. Bila kita lihat dari ciri fisik nya maka ikan Arwana jenis ini mempunyai bentuk badan dan kepala agak padat. Dengan bagian ujung mulut sedikit runcing mirip seperti perahu. Dan mulutnya mengarah keatas dan juga memiliki sepasang sungut pada bibir bagian bawah.
  4. Ikan Arwana jika kita perhatikan dari bentuk badannya maka mempunyai bentuk tubuh tipis punggungnya agak datar, dan hampir lurus dari mulut sampai sirip punggung.
  5. Sisik Ikan hias ini seperti yg telah diselidiki Ikan hias popule, maka ikan hias ini mempunyai gurat sisik yg terletak di samping kanan dan kiri, tubuh ikan arwana panjangnya kurang lebih 20-24 centimeter.
  6. Meski mulut ikan arwana terlihat runcing namun kalau diperhatikan lebih dekat ikan hias ini mempunyai mulut lebar dan juga ikan arwana memiliki rahang yang cukup kokoh. Mulut nya bisa terbuka dengan lebar sampai kesamping dibawah mata.
  7. Ikan Arwana ini juga dikenal dengan sebutan Ikan naga karena pada bagian mulutnya terdapat dua sungut dibawah bibir sehingga ikan hias ini telihat mirip seperti naga.
  8. Ikan Arwana juga terdapat sirip anus lebih panjang daripada sirip punggungnya, mencapai sirip perut, dan sirip punggungnya dekat dengan pangkal sirip ekor. Ikan Arwana tubuh nya mencapai 30-80 centimeter ketika sudah dewasa. Ikan arwana mempunyai sisik besar meliuk-liuk indah ketika berenang di dalam aquarium dengan badan kepeng.
  9. Ikan Arwana insangnya dilengkapi dengan penutup insang. Apa bila kita buka mulutnya maka akan terlihat gigih berjumlah 15-17.
  10. Ikan Arwana termasuk ikan yang sedikit makan sehingga bentuk perutnya tidak telihat dengan jelas. bila diperhatikan maka bentuk ikan arwana sama luas mulai dari Insang sampai pusar.
Itulah uraian singkat mengenai Varietas dan ciri-ciri ikan arwana, data perikanan ini kami olah dari beberapa sumber.

Belum ada Komentar untuk "Varietas Dan Ciri-Ciri Ikan Arwana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel